Platform beriklan  Google Ads (dulu lebih dikenal dengan sebutan Google Adwords)

Saya cukup yakin Anda juga sudah familiar dengan Google Ads ini atau bahkan sudah pernah menggunakannya juga untuk mengiklankan bisnis Anda. Betul? ????

Kemungkinan besar platform Google Ads yang pernah Anda pakai itu adalah Google Ads Search atau biasanya sering juga disebut dengan istilah GSN / Google Search Network, dimana Anda beriklan dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk dapat tampil di kotak pencarian google ketika seseorang mengetik kata – kata tertentu. Akan tetapi platform yang ingin saya bahas di postingan ini bukanlah GSN / Google Ads Search.

Yang ingin saya bahas di postingan ini adalah Google Ads Display atau yang lebih dikenal dengan GDN atau Google Display Network. Jadi secara garis besar, jaringan periklan Google Ads itu ada 2 tipe, yaitu:

Google Ads Search atau GSN (Google Search Network)
Google Ads Display atau GDN (Google Display Network)

Lalu mengapa Anda perlu untuk mempertimbangkan untuk menggunakan Google Ads Display?

1. Menjangkau Lebih Dari 90% Pengguna Internet Di Dunia

Berdasarkan data dari Internet World Stats terakhir, jumlah pengguna internet di dunia berjumlah 3,885,567,619 orang atau 3,8 Milyar lebih dan apabila kita ambil 90% nya maka daya jangkau google ads display mencapai kurang lebih 3,5 milyar pengguna internet.

Saya dan Anda harus mengakui bahwa itu adalah jumlah yang sangat signifikan, dimana tentu berdampak kepada jumlah pengguna internet di Indonesia.

2. Display Keyword Targeting

Banyak advertiser belum mengetahui bahwa Google Ads memiliki banyak fitur keren untuk mempermudah kita para pengiklan perihal melakukan targeting iklan kita kepada target audience.

Google Ads Display menyediakan berbagai fitur yang bahkan tidak dimiliki oleh kompetitor sekelasnya.

Salah satu fitur keren yang menjadi unggulan dari Google sejak pertama kali berdirinya yaitu: Display Keyword Targeting

Mentargetkan audience berdasarkan keyword adalah salah salah satu bentuk targeting sangat powerful yang sampai hari ini hanya dimiliki oleh Google karena kehebatannya sebagai mesin pencari.

Menggunakan keyword yang tepat sangat membantu kita untuk menemukan audience yang sangat tertargetatau orang – orang yang memang sedang mencari produk / jasa yang kita pasarkan.

Hebatnya adalah di Google Ads Display, Anda dapat menggunakan targeting keyword ini untuk mentargetkan 2 hal, yaitu:

  1. Orang-nya yang memang mencari berdasarkan kata kunci
  2. Website-nya dimana kita mentargetkan iklan kita tampil di website yang mengandung keyword – keyword yang kita bidik.

4. GA Custom Audience

GA Custom Audience adalah kepanjangan dari Google Analytic Custom Audience.

Mungkin dari namanya Anda sudah bisa menerka kira – kira seperti apa fitur baru yang satu ini.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Custom Audience adalah salah satu fitur yang biasanya disediakan oleh platform periklanan untuk Anda para advertiser membuat sebuah kelompok audience khusus sesuai dengan kriteria Anda, misalkan kelompok audience ttt yang mengunjungi halaman tertentu di website Anda, atau kelompok audience yang berasal dari database yang Anda miliki seperti email pelanggan, atau juga nomor telp pelanggan Anda.

Google juga memiliki fitur Custom Audience seperti yang dijelaskan diatas, akan tetapi Google membuatnya menjadi jauh lebih powerful dengan menambahkan kriteria yang lebih detail didalam fitur ini sehingga Anda sanggup untuk membuat kelompok audience yang memiliki perilaku yang jauh lebih spesifik, selain hanya dari halaman web ttt atau email dan nomor telepon.

Yes betul sekali! dengan menghubungkan fitur Google Analytic dengan akun Google Ads Anda, maka Anda mampu membuat Custom Audience dengan menggunakan parameter dari Google Analytic.

Kalau Anda belum tau seberapa detail fitur dari Google Analytic, maka saya berikan beberapa parameter yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah kelompok audience yang spesifik, yaitu:

  • Berasal dari kota jakarta, dan menggunakan bahasa inggris
  • Melihat iklan Anda dari ukuran layar smartphone tertentu saja
  • Melihat halaman A & B, tetapi tidak melihat halaman C
  • Mengunjungi website Anda …. kali didalam …. hari terakhir
  • Wanita saja yang berusia 18 – 24 tahun
  • Memiliki minat dalam bidang properti
  • Datangnya berasal dari traffic source facebook saja
  • dan masih banyak lagi fitur dari Google Analytic yang dapat Anda manfaatkan