Facebook memiliki banyak keuntungan yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Namun terkadang banyak orang yang masih menghiraukan kesempatan ini karena takut tidak menghasilkan.

Berikut merupakan beberapa keuntungan beriklan di facebook!

1. Target Konsumen yang Spesifik

Anda dapat memilih langsung spesifikasi konsumen dengan beberapa kategori seperti jenis pekerjaan, jenis kelamin, kota, umur, pendidikan, dan masih banyak lagi! Tentunya bisnis anda akan menjangkau target yang tepat dan hanya tinggal menunggu meningkatnya profit anda.

2. Lebih Fleksibel

Waktu promosi anda dapat anda atur sesuai keinginan anda, misal anda ingin promo anda hanya tampil di hari sabtu dan minggu pada jam tertentu. Sehingga promo anda dapat dilakukan di waktu yang tepat.

3. Lebih Murah

Budget untuk promosi akan terpangkas jauh jika anda melakukan promo di media sosial. Bandingkan jika anda melakukan promo secara offline ataupun televisi, berapa ratus juta yang akan anda habiskan disana?

4. Jangkauan Lebih Luas

Melakukan promosi di sosial media memungkinkan anda untuk meraih pasar yang lebih besar. Mengapa? Jutaan user aktif setiap hari tanpah henti mengakses sosial media!

5. memahami Karakter Target Audience Anda

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

  • Demography: usia, jenis kelamin
  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.

CONTOH KASUS

Misalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.

Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:

  • Usia: 25 – 35 thn
  • Gender: laki – laki
  • Lokasi: Jakarta dan Bandung
  • Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
  • Connection: teman – teman nya dari Fans Page Anda
  • Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Biasanya yang saya lakukan adalah saya browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.